Fasilitas - Fasilitas di Internet

Posted by

Banyak sekali fasilitas yang ada di dalam internet yang dapat kita manfaatkan secara praktis, gratis, dan mudah diakses dimana saja tanpa batasan ruang dan waktu. Fasilitas - fasilitas yang dimiliki internet diantaranya :



1. WWW (World Wide Web atau jaringan Jagad Jembar)

WWW merupakan wahana informasi yang cepat dan up to date. Informasi yang disajikan diantaranya games, sosial, ekonomi, politik, kebudayaan dan lain-lain. WWW atau yang biasa disebut dengan Website adalah komputer server berisi data yang bisa diakses dari mana saja, dimana saja asalkan ada koneksi internet. Untuk mengakses website diperlukan sebuah alat (software) yang disebut dengan Browser. Browser yang familiar dan biasa digunakan diantaranya Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Nescape Navigator, dll.

Contoh website : http://www.masfays.co.cc


2. FTP (File Transfer Protocol)

Fasilitas yang digunakan untuk mentransfer data, baik untuk Download (mengambil data dari server), ataupun Uploud (mengirim data ke server). Dengan menggunakan fasilitas FTP akan lebih cepat dalam mengirim atau mengambil data. untuk melakukan proses transfer data tersebut anda bisa menggunakan software transfer data, misalkan : Filezilla.


3. GOPHER

Ghopher adalah program berbasis teks yang digunakan untuk membrowse daftar menu internet pada berbagai server Gopher
Ghoper:// adalah protocol untuk mendistribusikan dokumen menggunakan sistem berbasisi menu. Ghoper dimulai di Universitas Minnesota dan saat ini sudah banyak digantikan oleh search engine.


4. MAILING LIST (News Group)

Mailing list adalah group diskusi dimana setiap orang bisa berlangganan dan berpartisipasi didalamnya. kita dapat membaca mail orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya.
Secara sederhana, Mailing list adalah sebuah daftar alamat - alamat email yang mempunyai kesukaan/kepentingan yang sama.

Jika seseorang mengirimkan surat yang kemudian dikirimkan ke semua orang yang terdapat di dalam daftar, terserah kita apakah kita ingin mereply mailnya, mengirim mail baru atau hanya membaca tanpa ikut berdiskusi.

Setiap kali kita atau orang lain mereply sebuah mail, mail tersebut didistribusikan ke setiap mail box masing masing orang yang terdapat di dalam daftar.
Semua proses ini diatur oleh sebuah program yang dinamakan Mailing List Manager atau Mail Servers.


5. TELNET (Komputer jarak jauh)

Telnet (Telecommunication network) adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan di koneksi Internet atau Local Area Network. TELNET dikembangkan pada 1969 dan distandarisasi sebagai IETF STD 8, salah satu standar Internet pertama. TELNET memiliki beberapa keterbatasan yang dianggap sebagai risiko keamanan.


6. EMAIL (Electronik Mail)

Email atau singkatan dari Electronic Mail adalah jasa layanan surat menyurat menggunakan media Internet. Kita bisa berkirim - kiriman surat kepada teman/keluarga/ataupun mengirim surat lamaran pekerjaan hanya dengan hitungan detik dimanapun tempat tujuannya. Email tidak didahului dengan www, tapi langsung nama, kemudian @ kemudian alamat website penyedia layanan email. Contoh : masfays@yahoo.com.



7. CHATTING (Obrolan via internet)

Chatting adalah salah satu fasilitas Internet yang mampu berkomunikasi 2 arah,saling memberi dan menerima secara langsung. Kongkritnya anda bisa bercakap - cakap, ngobrol secara langsung dengan seseorang asalkan secara bersama - sama terhubung dengan Internet. Banyak sekali fasilitas Chatting yang tersedia di Internet, diantaranya : Mirc, Hydra Irc, Yahoo Massenger, dll. Bahkan sekarang banyak sekali bertebaran penyedia layanan Chatting berbasis web.


<
Blog, Updated at: 11.44

1 komentar:

  1. holaaaa admin,
    artikel ini sangat menambah ilmu khususnya untuk saya..
    artikel ini mmenjabarkan fasilitas yang ada dalam internet yang dapat dimanfaatkan secara praktis, gratis, dan ,mudah diakses dimana saja tanpa batasan ruang dan waktu...
    penulis menjabarkan fasilitas itu adalah sebagai berikut..WWW,FTP,GOPHER,MAILING,TELNET,EMAL+IL,CHATTING..dan smua fasilitas dijelaskan arti dan cara penggunaanya,
    thanks admin,sukses ya


    jangan lupa kunjungi website kampus kami http://www.atmaluhur.ac.id

    dan website saya https://akbarfitriansyah.mahasiswa.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus