Cara Install Joomla di Windows Komputer Anda

Posted by

Joomla adalah Program Aplikasi pembuat website yang sangat mudah digunakan. Cepat dalam pembuatannya karena hanya perlu diinstall tanpa kita membangun sebuah website dari awal sampai akhir. Tinggal Next - Next - Next - Next, Jadi deh... hehehe. Joomla merupakan salah satu dari banyaknya Program Aplikasi pembuat website yang siap untuk digunakan atau yang biasa disebut dengan Content Management System (CMS). Program yang menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySql sebagai databasenya ini bisa berjalan di Sistem Operasi Windows maupun Linux. Pada postingan ini saya akan memberikan tips Installasi Joomla 1.0.15 di Sistem Operasi Windows. Sebelumnya menginstall joomla, kita harus menginstall Webserver seperti XAMPP, WAMP atau APPSERV yang mudah digunakan karena didalamnya sudah terdapat satu paket untuk aplikasi webserver. Maka sebelum anda melakukan Installasi Joomla, anda wajib baca dulu Cara Installasi XAMPP Untuk Webserver. Jika bacanya udah selesai, mari kita mulai melakukan installasi Joomla 1.0.15, berikut langkah - langkahnya:


1. Download dulu jika belum anda punya Joomla 1.0.15 disini
2. Extrax folder tersebut kemudian copykan di C:\xampp\htdocs seperti gambar berikut:



anda bisa mengganti nama folder hasil extrakan joomla tadi dengan nama sesuai dengan yang anda inginkan, misalkan pada contoh diatas nama foldernya saya ganti dengan nama webfays, karena sebelumnya saya udah punya web dengan nama joomla.

3. Buka browser anda, kemudian ketikkan di address bar http://localhost/webfays akan muncul tampilan installasi joomla dari step ke step selanjutnya, seperti terlihat pada gambar dibawah:



4. Pilih Next > untuk melanjutkan kelangkah selanjutnya



5. Pilih Next > untuk melanjutkan kelangkah selanjutnya



Isikan data seperti pada gambar diatas
- Host Name, isikan dengan localhost
- MySQL User Name, isikan dengan root
- MySQLPassword, kosongkan saja karena pada saat melakukan instalasi Xampp kita tidak mengisikan password.
- MySQL Database Name, isikan sesuai dengan yang anda inginkan, misalkan pada contoh diatas adalah dataweb.
- MySQL Table Prefix, biarkan seperti apa adanya yaitu jos_

6. Kemudian klik Next > untuk melanjutkan kelangkah selanjutnya



7. Isi pada sitename sesuai yang anda inginkan, misalkan webfays. Klik Next > untuk melanjutkan kelangkah selanjutnya.



biarkan URL dan Path seperti apa adanya, kemudian isikan
- Alamat Email anda : misalkan masfays@yahoo.com
- Ganti juga Admin Password : misalkan pekalongan, Admin password berguna untuk masuk kehalaman administrator

8. Pilih Next > untuk melanjutkan kelangkah berikutnya



Ada peringatan bahwa anda harus menghapus folder Installation, kemudian catat username dan password untuk masuk kehalaman administrator. Sebelum klik View site (Untuk melihat tampilan website) atau Administration (untuk masuk kehalaman pengaturan), anda harus menghapus folder Installation yang anda di c:\xampp\htdocs\webfays seperti terlihat pada gambar dibawah:



9. Setelah berhasil mengahapus folder Installation yang ada di c:\xampp\htdocs\webfays, anda bisa buka kembali browser tadi kemudian pilih View site untuk melihat tampilan website, berikut tampilan pertama website yang telah anda buat dengan joomla 1.0.15:



10. Anda bisa masuk kehalaman Administrator dengan mengetikkan alamat di address bar http://localhost/webfays/administrator, maka akan tampil halaman login administrator seperti berikut:



11. Silahkan masukkan username dan password yang telah diberikan, misalkan pada contoh tadi:
- Username : admin
- Password : pekalongan
Kemudian klik Login untuk masuk, akan tampil halaman administrator untuk melakukan editing ataupun pengaturan, seperti terlihat pada gambar berikut:



12. Untuk pengaturan dan editing lainya akan saya bahasa satu - persatu pada postingan berikutnya, untuk semetara Logout dulu untuk keluar.

Selamat Mencoba.


<
Blog, Updated at: 15.41

6 komentar:

  1. mf saya mw nanya.. kok saya g bisa y?? caranya udah sama persis. pas mw view site keluar begini

    Object not found!

    The requested URL was not found on this server. If you entered the URL manually please check your spelling and try again.

    If you think this is a server error, please contact the webmaster.
    Error 404
    localhost
    06/27/10 02:51:52
    Apache/2.2.11 (Win32) DAV/2 mod_ssl/2.2.11 OpenSSL/0.9.8i mod_autoindex_color PHP/5.2.8


    mohon bimbingannya... baru belajar joomla

    BalasHapus
  2. umhh sudah ke index.html yang xampp nya dulu blm?

    BalasHapus
  3. ko pas masukkan di halaman yang minta localhost dll keluar gini

    You have an error in your SQL syntax; check the manual that corresponds to your MySQL server version for the right syntax to use near 'TYPE=MyISAM CHARACTER SET `utf8`' at line 29 SQL=CREATE TABLE `jos_banner` ( `bid` int(11) NOT NULL auto_increment, `cid` int(11) NOT NULL default '0', `type` varchar(30) NOT NULL default 'banner', `name` varchar(255) NOT NULL default '', `alias` varchar(255) NOT NULL default '', `imptotal` int(11) NOT NULL default '0', `impmade` int(11) NOT NULL default '0', `clicks` int(11) NOT NULL default '0', `imageurl` varchar(100) NOT NULL default '', `clickurl` varchar(200) NOT NULL default '', `date` datetime default NULL, `showBanner` tinyint(1) NOT NULL default '0', `checked_out` tinyint(1) NOT NULL default '0', `checked_out_time` datetime NOT NULL default '0000-00-00 00:00:00', `editor` varchar(50) default NULL, `custombannercode` text, `catid` INTEGER UNSIGNED NOT NULL DEFAULT 0, `description` TEXT NOT NULL DEFAULT '', `sticky` TINYINT(1) UNSIGNED NOT NULL DEFAULT 0, `ordering` INTEGER NOT NULL DEFAULT 0, `publish_up` datetime NOT NULL default '0000-00-00 00:00:00', `publish_down` datetime NOT NULL default '0000-00-00 00:00:00', `tags` TEXT NOT NULL DEFAULT '', `params` TEXT NOT NULL DEFAULT '', PRIMARY KEY (`bid`), KEY `viewbanner` (`showBanner`), INDEX `idx_banner_catid`(`catid`) ) TYPE=MyISAM CHARACTER SET `utf8`

    BalasHapus
  4. Kami juga mempunyai artikel tentang Joomla silahkan dibaca semoga bermanfaat dan berikut adalah link nya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2987/1/80.pdf terimakasih

    BalasHapus
  5. terima kasih gan infonya,..akhirnya bisa juga install joomlanya,,

    BalasHapus
  6. aku bisa,,,terimakasih banyak gan

    BalasHapus