Cara Install Wordpress di Komputer Lokal

Posted by

Content Management System (CMS) yang banyak digunakan pada saat sekarang ini adalah Wordpress. Selain mudah digunakan Wordpress juga mempunyai banyak fitur yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan anda, misalkan Web Statis, Web Dinamis, Katalog Online maupun Toko Online. Pada postingan ini akan membahas bagaimana menginstal Wordpress di komputer anda, tetapi sebelum melakukan instalasi wordpress maka anda harus menginstal webserver dikomputer anda, Untuk panduan installasi Webserver menggunakan XAMPP silahkan baca dulu di Cara Installasi XAMPP Untuk Web Server di Komputer Anda. Setelah anda baca dan telah sukses melakukan instalasi Webserver xampp-win32-1.7.0-installer, sekarang mari kita lakukan Step By Step Installasi Wordpress di Komputer anda:


1. Buka browser anda, kemudian ketikkan di address bar http://localhost akan muncul tampilan seperti berikut:



2. Pilih phpMyAdmin, untuk membuat database yang akan digunakan oleh wordpress, kemudian akan muncul tampilan seperti berikut:



3. Isikan Pada Kotak dibawah Create New Database untuk membuat data baru misalkan dengan nama datawp, kemudian pilih Create untuk membuat database baru yang akan digunakan oleh wordpress dengan nama datawp.

4. Langkah selanjutnya Copykan file wordpress ke c:/xampp/htdocs seperti terlihat pada gambar:



5. Buka kembali browser anda, kemudian ketikkan di address bar http://localhost/wordpress akan muncul tampilan seperti berikut:




6. Pilih Create a Configuration File, akan muncul tampilan seperti berikut:




7. Pilih Let's go!, akan muncul tampilan seperti berikut:



8. Isikan data seperti pada contoh gambar diatas, kemudian pilih Submit



9. Pilih Run The Install



10. Isikan Blog Title sesuai dengan judul blog yang anda inginkan, isikan juga alamat email anda, kemudian pilih Install Wordpress



11. Jangan lupa catat dan cermati Username dan Password yang tampil, karena akan digunakan untuk login administrator. atau untuk lebih mudahnya Copy Paste aja password yang tampil diatas, kemudian pilih Log In.



12. Isikan Username dan Password seperti yang sudah ditampilkan sebelumnya, kemudian klik Log In untuk masuk ke halaman administrator. Jika sukses masuk kehalaman administrator, maka akan keluar tampilan seperti gambar berikut:



13. Pilih Yes, Take My To Profil Page untuk mengganti password yang susah dihafal tadi...hehehe



14. Isilah Password baru, kemudian pilih Update Profile, maka password anda sudah terganti dengan password yang tentu saja mudah diingat oleh anda. Klik Log Out untuk keluar dari Halaman administrator

15. Jika anda ingin mengakses Blog anda untuk melihat bagaimana tampilannya, anda bisa mengetikkan di address bar http://localhost/wordpress akan tampil seperti gambar berikut:



16. Jika anda ingin masuk ke halaman administrator, untuk melakukan posting ataupun editing maka ketikkan di adress bar browser anda dengan http://localhost/wordpress/wp-admin





akan muncul tampilan seperti berikut :






17. Masukkan Username dan Password anda, kemudian pilih Log In.

Selamat Mencoba


<
Blog, Updated at: 23.22

3 komentar: