Mengenal Microsoft Excel dan Fungsi Logika IF

Posted by

Dalam tulisan kali ini, saya kasih judul “Mengenal Microsoft Excel”, karena seperti kata pepatah : Tak Kenal Maka Tak Sayang, Tak Sayang Maka Tak Tendang, Tak Tau Maka Tak Tipu……….. hehehehe just kidding. Emang ada benarnya kalau untuk berinteraksi pertama kali harus pada tahap pengenalan dulu, kalau dalam bahasa Islam menjadi “Ta’aruf”, tapi lucu gak ya kalau tulisan ini saya ubah judulnya menjadi Ta’aruf Microsoft Excel???. Silahkan memilih judul yang sesuai dengan selera anda, yang pasti untuk anda yang baru memulai belajar microsoft excel, saya akan memperkenalkan komponen dan cara efektif bekerja dengan microsoft excel.

Microsoft Excel adalah Program aplikasi spreadsheet (lembar kerja) yang sangat mudah untuk mengolah angka. Bisa dikatakan kalau microsoft excel adalah program aplikasi pengolah angka yang sangat membantu sekali untuk menyelesaikan pekerjaan perhitungan, analisis, dan mempresentasikan data.
Pada dasarnya semua program aplikasi buatan Microsoft mempunyai elemen dasar yang sama, untuk itu saya hanya akan menjelaskan yang sekiranya belum saya jelaskan pada Pengenalan Microsoft Word, Perhatikan pada gambar 1.



Gambar 1

Salah satu keunggulan microsoft excel untuk mengolah angka yaitu karena terdiri dari sel yang dapat di proyeksikan antara sel satu dengan yang lainya.
Seperti yang terlihat pada gambar 1, tampilan microsoft excel berbentuk tabel, tabel terdiri atas beberapa sel, sel terdiri dari baris dan kolom.
Baris (Rows) adalah yang membaris kebawah (secara vertikal), bertuliskan angka atau nomor baris 1,2,3 4,5……..dst. sedangkan Kolom (Columns) yang menjajar kekiri (secara horisontal), bertuliskan Huruf A, B, C, D, E…………..dst. pertemuan antara baris dan kolom disebut dengan sel (cell). Sel dinamakan menurut lokasi atau alamat dengan urutan abjad kolom diikuti nomor baris, Misal : A1, B1,C1, dsb. Sedang Kumpulan beberapa sel dinamakan Range. Misalkan kita blog dari sel A4 :D11 (dibaca sel A4 sampai D11).

Langsung saja kita buat contoh kasus biar lebih Jelas :
1. Bukalah Microsoft Excel Anda dan ketikkan seperti pada contoh gambar di bawah ini



2. Untuk membuat nomor 1 - 7 secara cepat, ketikkan dulu angka 1, kemudian Klik pada sudut kanan bawah pada sel yang kita ketikkan tadi biar menjadi tanda "+" warna hitam, kemudian pencet tombol "Ctrl" dan seret kebawah.

3. Untuk membuat judul atas biar berada di tengah, seleksi sel seperti pada gambar kemudian pilih Menubar - Format - Cell - pilih Tab menu Alignment :
- Horisontal : Center Accross Selection (Artinya membuat tulisan berada ditengah diantara sel yang di seleksi)
- Vertical : Center (Text akan berada ditengah sel secara vertikal)
- Klik OK.

4. Ketikkan Nama dan Nilai seperti pada contoh gambar dibawah ini



Untuk isi kolom keterangan menggunakan Rumus. Rumus yang kita gunakan pada contoh ini adalah Fungsi Logika IF. Fungsi IF digunakan apabila kita didalam beberapa kondisi. pada kasus ini sebuah perusahaan mengadakan Rekruitmen Karyawan. Karyawan yang akan diterima hanya yang mempunyai nilai test lebih dari atau sama dengan 70, maka karyawan yang nilainya kurang dari 70 tidak diterima.

Perhatikan dalam membuat RUMUS :
- Rumus pasti diawali oleh "sama dengan" (=)
- Jika rumus menggunakan "Fungsi", maka setelah fungsi pasti "(" (dibaca :kurung buka)

5. Ketikan Rumus seperti berikut di Sel D5
=IF(C5<70;"tidak style="font-weight: bold;">IF (Dibaca "JIKA")
"(" (setelah fungsi pasti tanda kurung buka)
C5
(adalah sel nilai test)
<
(Dibaca "Kurang dari")
;
(dibaca maka)
"Tidak diterima"
(dikasih tanda petik 2 diawal dan akhir kata karena berbentuk text/label)
;
(titik koma yang terakhir dibaca "Selainnya")
"Diterima"
(adalah ketentuan ke 2)
")" (jumlah kurung tutup satu karena IF-nya satu)

6. Jika menuliskan rumus sudah selesai, kemudian tekan tombol "ENTER" dan copykan rumus ke Sel dibawah-nya.
- Cara Copy Rumus :
Klik pada sudut kanan bawah Sel yang sudah ada rumusnya hingga membentuk tanda "Plus" (+) warna hitam kemudian tarik kebawah sampai dengan sel yang dikehendaki.

7. Untuk membuat border pada tabel maka pilih Menu Bar Format - Cell - Pilih Tab Menu Border.
- Outline :
Untuk membuat garis luar.
- Inside :
Untuk membuat garis dibagian dalam
- None :
Untuk menghilangkan garis.
- Style :
Untuk memilih model garis yang akdigunakan
- Color : Untuk memilih warna garis yang digunakan

8. Selamat Mencoba


<
Blog, Updated at: 23.25

0 komentar:

Poskan Komentar