Dasar HTML

Posted by

HTML (Hypertext Markup Language) merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun sebuah website. HTML terdiri dari tag - tag yang berguna untuk menampilkan isi website pada sebuah browser. Untuk lebih jelasnya akan saya jelaskan, apa itu tag? Dan apa itu browser?

Browser adalah Program Aplikasi untuk membuka halaman website. yang sering kita kenal ada Internet Explorer, Mozilla Firefox, Nescape Navigator, Opera, dll.

Tag adalah perintah – perintah yang digunakan dalam bahasa pemrograman HTML. Untuk membangun sebuah halaman website kita hanya perlu menggunakan Notepad, yang sudah tersedia pada Operating System yang anda pakai. Jika menggunakan Microsoft Windows, anda bisa menggunakannya dengan klik Start – Programs – Accessories – Notepad. Atau cara cepatnya bisa klik Start – Run – Ketikkan “Notepad” – Ok.

Maka akan muncul seperti gambar dibawah :

Kemudian Ketikkan Kode Seperti dibawah ini :

<html>
<head>
<title>Belajar Membuat Website</title>
</head>
<body>
Ini adalah website pertamaku
</body>
</html>

Simpan kode diatas di folder My Documents, dengan Klik File – Save – Pada File name ketikkan “coba.html” – Save.Kemudian untuk melihat hasil dari kode yang kita ketikkan diatas, buka Browser, anda bisa menggunakan Internet Explore atau Mozila Firefox. Dengan cara File – Open – Browse – pilih file “Coba1.html” – Open.


Hasilnya


Itulah hasil dari kode HTML yang anda ketikkan diatas.


<
Blog, Updated at: 10.20

1 komentar:

  1. siang admind,

    artikel ini memang mengajarkan saya hal seharusnya, kenapa saya mengatakan itu, karna artikel ini memang harus kita dalami terlebih dahulu sesuai judul Dasar HTML..kita uda kemana2, tapi untuk dasarnya kita tidak paham untuk apa...
    disini saya dapat ilmu kepanjangan html, dan definisiny,definisi browser penjelasan TAG, dan lain2..
    selain itu ada contoh kode yang ditulis diartikel ini untuk lebih memudahkan cara pembelajarannya...
    so, luar bisa,suka banget dengan artikel ini
    thanks admin


    jangan lupa kunjungi website kampus kami http://www.atmaluhur.ac.id

    dan website saya https://akbarfitriansyah.mahasiswa.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus