Coblos VS Contreng

Posted by

Istilah Nyoblos sudah diganti dengan Nyontreng...... Entah dari mana asalnya istilah itu muncul dan siapa yang membuat trend baru tentang pemilu 2009 kali ini. Kamis, 9 April 2009 adalah hari Nyontreng Pertama kali. Nyontreng pertama di Pemilu 2009 diawali dengan Nyontreng Calon Legislatif. Kalo dulu Pemilu kita terbiasa dengan Istilah Nyoblos tapi Pemilu kali ini kita sedikit dipaksa dengan Istilah Nyontreng...... Ada apa dibalik semua ini.....??? Mari kita lihat Lebih Efektif dan Efisian mana antara Nyoblos dengan Nyontreng.



1. Kita Lihat dari Segi Biaya
- Nyoblos : Pake Paku satu aja gak habis - habis
- Nyontreng : Bolpoint yang dipakai bisa habis, kalo yang nyontreng lupa bolpoint bisa kebawa pulang...... hehehhe.... (Kayaknya lebih banyak keluar biaya)

2. Kita Liat dari SDM Indonesia
Coba kita liat kepolosok desa, banyak sekali orang - orang tua yang masih buta huruf.... boro - boro untuk nyontreng, pegang bolpoint aja gemetaran.

Itu dilihat dari efisiensi dan efektivitas Nyoblos VS Nyontreng. Sekarang kita lihat dari banyaknya Partai Politik dan Calon Legislatif Partai. Saking banyaknya Partai Politik dan Calon Legislatif jadi banyak juga suara yang rusak dan akhirnya ada juga yang gak milih alias Golput. Banyak pengalaman menarik yang saya jumpai dari Pemilu Nyontreng pada 09 April 2009 :
1. Buka kertas suara susah karena terlalu panjang dan lebar.... (Alhasil akhirnya gak dibuka)
2. Ada yang bisa buka, udah milih tapi gak bisa nglipet....hiks...(Kayak bengkel, terima bongkar gak terima pasang....hahahha)
3. Banyak yang bingung yang Daerah yang mana yang DPRRI yang mana... (Ini mah kurang sosialisasi)
4. Panitia kerja lembur mpe jam 2.... (kayaknya c, coz pas gw lewat jm 12an malem ditempat gw belum kelar)

Tapi salut buat KPU yang sudah bekerja keras hanya dalam waktu singkat. Kesalahan dan kekurangan pada pemilu legislatif ini hendaknya menjadi koreksi bahwa sistem di Indonesia itu jangan terlalu dipaksakan kalo SDMnya belum siap. Kalo semua rakyat Indonesia seumuran Gw dan semua melek internet ya gak usah nyontreng gak usah nyoblos tapi Tinggal Klik..... Lebih Efektif dan Efisien......... Tapi entah kapan hal itu terwujud.....???
Majulah terus Indonesiaku......... Jaya dan Sejahtera Selalu.


<
Blog, Updated at: 22.23

0 komentar:

Poskan Komentar