Mengecilkan Ribuan Foto dengan Cepat dan Mudah dengan JPEG Compressor

Posted by

Kebiasaan orang untuk mendapatkan foto yang bagus adalah dengan memperbesar Resolusinya, tetapi hal tersebut sangat tidak nyaman untuk pengguna komputer yang ecek - ecek dengan space hardisk yang kecil. Dan sangat membosankan jika anda harus menunggu uploud foto melalui email. Besarnya resolusi memang mempertajam gambar tapi hal tersebut juga membuat ukuran file menjadi besar. Seperti falsafah pedagang bilang "Ono rego ono rupo". Memang benar sekali falsafah tersebut, karena kalo pengin hasil foto tidak pecah walau di perbesar sebesar besarnya...ya harus memperbesar resolusinya. Tapi menurut hemat saya, semua disesuaikan dengan kebutuhannya. Misalkan untuk disimpan di Handphone maka resolusinya gak usah terlalu besar karena Output dari Handphone juga kecil, kemudian untuk di kirim di email juga gak usah terlalu besar, karena uploud file terlalu besar akan memakan waktu sangat lama. Maka saya ulangi lagi, bahwa semua itu cukup disesuaikan dengan kebutuhannya. Disini saya akan memberikan tips merubah ukuran gambar/foto sesuai dengan kebutuhan anda dengan cepat dan Mudah dengan JPEG Compressor. Untuk memulainya anda Download dulu Software JPEG Compresor disini, kemudian untuk menggunakannya ikuti langkah berikut :


1. Extrax File JPEGCompressor.zip yang sudah di Download tadi, kemudian jalankan programnya dengan double klik, akan muncul jendela seperti berikut :




2. Pilih File - Batch Processing atau dengan tekan Ctrl+M di keyboard.





3. Pilih gambar/foto yang akan anda rubah ukurannya (Resize), kemudian klik Open.




4. Mulailah anda mengatur ukuran sesuai kebutuhan anda



* Destination folder (Pilih dimana tempat file akan disimpan setelah dirubah ukurannya)
- Source : Ditempat yang sama
- Other : Ditempat lain, anda bisa menyimpan file yang telah dirubah ukurannya ditempat lain sesuai dengan keinginan anda dengan klik tanda kotak kecil disebelahnya, kemudian pilih folder dimana file tersebut akan disimpan.

* Beri tanda centang pada "Contains Original file name" untuk menyimpan dengan nama yang sama dengan ukuran berbeda.
* Pilih Ukuran sesuai dengan kebutuhan anda dengan memilih pada Kotak dibawah Compression Profile, Misalkan anda memilih Compress for pocket PC atau ukuran lain yang sudah disediakan diprogram tersebut. kemudian Klik Ok.

Selamat Mencoba.


<
Blog, Updated at: 23.23

0 komentar:

Posting Komentar