Tutorial Myob Accounting 12 Bagian 1

Posted by

MYOB adalah suatu program aplikasi yang digunakan untuk mengolah data akuntansi sampai menjadi suatu bentuk laporan keuangan yang akurat. Myob sangat cocok digunakan sebagai wahana pembelajaran komputer akuntansi. Banyak perusahaan kecil dan menengah yang menggunakan program ini sebagai alat pengolah data akutansinya karena program ini dapat digunakan oleh perusahaan - perusahaan yang bergerak diberbagai bidang. misalkan bidang jasa atau perdagangan. Dalam kesempatan ini saya akan membahas Step By Step penggunaan program Myob Accounting 12 :
1. PEMBUATAN DATA AKUNTANSI BARU



Penjelasan :

a. Open : digunakan untuk mengaktifkan dokumen Akuntansi yang sudah ada.

b. Create : digunakan untuk membuat data Akuntansi baru.

c. Explore : digunanakan untuk mengaktifkan contoh data akuntansi bawaan MYOB V12.

d. What’s New : digunakan untuk mengetahui berbagai penjelasan tambahan fasilitas dibandingkan Versi sebelumnya.

e. Exit : berfungsi untuk mengakhiri Program MYOB Accounting V12

Dalam hal ini kita akan membuat data Akuntansi baru, Klik tombol Create dan akan muncul kotak dialog sebagai berikut :




*) Kotak dialog New Company File Assistant – Step 1

- Cancel : Membatalkan proses pembuatan data Akuntansi baru

- Back : Kembali ke langkah sebelumnya

- Next : Melanjutkan proses pembuatan data akuntansi ke langkah berikutnya.

*) Klik Next > maka akan tampil kotak dialog step 2



*) Kotak dialog New Company File Assistant – Step 2 berisi tentang Informasi Perusahaan

- Company Name : Isi dengan Nama Perusahaan, tekan

- Address : Tulis alamat Perusahaan, Tekan

- Phone Number : Isi Nomor Telepon Perusahaan, Tekan

- E-mail Address : Tulis E-mail Perusahaan.

*) Klik Next maka akan menampilkan kotak dialog Step 3



*) Kotak dialog New Company File Assistant – Step 3 berisi tentang Periode Akuntansi Perusahaan

- Current Financial Year : diisi dengan Tahun Periode Akuntansi Berjalan

- Last Month of Financial Year : diisi dengan akhir periode Akuntansi

- Conversion Month : diisi dengan awal periode Akuntansi

- Number of Accounting Periods : diisi Twelve (12 bulan dalam 1 tahun periode Akuntansi).
*) Klik Next maka akan tampil kotak dialog Step 4



*) Kotak dialog New Company File Assistant – Step 4 berisi tentang Ringkasan Informasi Akuntansi Perusahaan.
*) Klik Next >, dan muncul tampilan sebagai berikut :



*) Kotak dialog Build Account List berisi pilihan pembuatan Akun (Rekening Akuntansi).

- Pilihan 1, menggunakan list Akun yang disediakan Myob Accounting V12

- Pilihan 2, mengambil data akun dari perusahaan yang sudah ada

- Pilihan 3, membuat list akun sendiri

Pada kondisi ini, kita pilih pilihan 1, yaitu menggunakan list Account yang disediakan MYOB Accounting V12.

*) Klik Next > maka akan muncul kotak dialog Select your Account List


*) Kotak dialog Select your Account List digunakan untuk memilih jenis usaha Perusahaan.

Industri Classification :

- Agriculture : Perusahaan yang memproduksi makanan atau barang dengan sistem memanen dari hasil peternakan, perkebunan atau pertanian.

- Manufacturing : Perusahaan yang kegiatannya mengolah bahan mentah menjadi produk siap pakai

- Retail : Perusahaan Dagang, dimana kegiatannya adalah membeli barang untuk dijual kembali

- Service : Perusahaan Jasa

Dan dalam hal ini kita akan menggunakan Jenis perusahaan SERVICE terlebih dahulu untuk memulai belajar MYOB Accounting V12.

- Type of Bussiness : pilihan jenis perusahaan (jasa) yang akan dipakai, kita misalkan COMPUTER SERVICE BEREAU

*) Klik Next> maka akan menuju kotak dialog pembuatan File


- Kita akan melihat Lokasi penyimpanan file di C:\myob dengan nama file PT_PANTURA COMPUTER CENTER.dat

- Ubah lokasi penyimpanan dengan klik Change dan tentukan tempat penyimpanan file yang baru.
*) Klik Next> dan kita sampai pada langkah akhir pembuatan File

Klik Command Center untuk menuju ke tampilan utama MYOB Accounting V12

Lanjutkan Ke Bagian Kedua


<
Blog, Updated at: 18.09

1 komentar: