2. PEMBUATAN AKUN / REKENING AKUNTANSI
Setelah selesai dalam pembuatan File, selanjutnya kita akan membuat Akun-akun (rekening akuntansi) yang digunakan dalam kegiatan Akuntansi. Di bawah ini adalah kotak dialog Command Center di mana merupakan menu utama dalam MYOB Accounting V12.
Penjelasan Command Center :
a.Account: berhubungan dengan Akun/rekening dan Transaksi Jurnal Umum
b.Banking : berhubungan dengan Akun Kas dan Bank
c.Sales : berhubungan dengan Penjualan dan Piutang Dagang pada Perusahaan Dagang
d.Purchase: behubugan dengan Pembelian dan Hutang Dagang pada Perusahaan Dagang
e.Inventory: berhubungan dengan Persediaan Barang Dagang
f.Card File: berhubungan dengan Customer (pelanggan) dan Vendor (pembeli).
Untuk membuat Rekening baru pilih Command Center Account => Account List dan kotak dialog Account List yang berisi nama Akun dan saldo akan ditampilkan :
Kita ubah nama Akun dengan menggunakan bahasa Indonesia dengan prosedur :
- Klik Akun yang akan diubah namanya kemudian klik tombol Edit
- Kelompok penomoran Akun telah disediakan yaitu:
1. Asset = Aktiva
2. Liability = Hutang
3. Equity = Modal
4. Income = Pendapatan
5. Cost of Sales = Harga Pokok Penjualan
6. Expense = Biaya
8. Other Income = Pendapatan Lain-lain
9. Other Expense = Biaya Lain-lain
- Account Name, diisi dengan nama Rekening yang bersangkutan
- Opening Balance, diisi dengan saldo awal rekening (diisi pada saat pertama kali akan memulai proses akuntansi).
- Current Balance, menampilkan saldo saat ini
- Tax Code, diisi dengan kode pajak yang dikehendaki dan dapat dipilih menggunakan drop-down.
- Ubah rekening-rekening tersebut sebagai berikut :
Asset
Liability
Equity
Income
Cost of Good Sold
Expense
Other Income
Other Expense
0 komentar:
Posting Komentar