Tutorial Myob Accounting 12, Bagian 2

Posted by

2. PEMBUATAN AKUN / REKENING AKUNTANSI

Setelah selesai dalam pembuatan File, selanjutnya kita akan membuat Akun-akun (rekening akuntansi) yang digunakan dalam kegiatan Akuntansi. Di bawah ini adalah kotak dialog Command Center di mana merupakan menu utama dalam MYOB Accounting V12.



Penjelasan Command Center :
a.Account: berhubungan dengan Akun/rekening dan Transaksi Jurnal Umum
b.Banking : berhubungan dengan Akun Kas dan Bank
c.Sales : berhubungan dengan Penjualan dan Piutang Dagang pada Perusahaan Dagang
d.Purchase: behubugan dengan Pembelian dan Hutang Dagang pada Perusahaan Dagang
e.Inventory: berhubungan dengan Persediaan Barang Dagang
f.Card File: berhubungan dengan Customer (pelanggan) dan Vendor (pembeli).



Untuk membuat Rekening baru pilih Command Center Account => Account List dan kotak dialog Account List yang berisi nama Akun dan saldo akan ditampilkan :

Kita ubah nama Akun dengan menggunakan bahasa Indonesia dengan prosedur :
- Klik Akun yang akan diubah namanya kemudian klik tombol Edit
- Kelompok penomoran Akun telah disediakan yaitu:

1. Asset = Aktiva
2. Liability = Hutang
3. Equity = Modal
4. Income = Pendapatan
5. Cost of Sales = Harga Pokok Penjualan
6. Expense = Biaya
8. Other Income = Pendapatan Lain-lain
9. Other Expense = Biaya Lain-lain

- Account Name, diisi dengan nama Rekening yang bersangkutan
- Opening Balance, diisi dengan saldo awal rekening (diisi pada saat pertama kali akan memulai proses akuntansi).
- Current Balance, menampilkan saldo saat ini
- Tax Code, diisi dengan kode pajak yang dikehendaki dan dapat dipilih menggunakan drop-down.

- Ubah rekening-rekening tersebut sebagai berikut :

Asset

Liability


Equity


Income


Cost of Good Sold

Expense


Other Income


Other Expense


<
Blog, Updated at: 20.45

0 komentar:

Poskan Komentar